Sabtu, 02 Agustus 2008

Generalized anxiety disorder (GAD)

Definisi
Generalized anxiety disorder (GAD) adalah kebiasaan yang ditandai oleh sebuah pola kecemasan yang sering dan menetap dan cemas pada banyak aktifitas atau kejadian.

Nama lain
GAD; Anxiety disorder

Penyebab, kejadian, dan faktor resiko
Generalized anxiety disorder (GAD) merupakan kondisi umum yang dikarakterisasikan sebagai kecemasan yang berlebihan. Contoh, seorang pelajar sering cemas seputar test, yang selalu selalu cemas akan gagal - meskipun ia mendapat nilai yang baik – mempunyai pola tipikal gangguan kecemasan.

Seseorang akan mengalami kesulitan untuk mengontrol rasa cemasnya. Situasi kehidupan yang penuh stress, berada di lingkungan stress, bisa menyumbang GAD.

Gangguan ini bisa dimulai kapan saja dalam kehidupan, termasuk saat masih kecil. Banyak orang melaporkan bahwa mereka mengalaminya sudah lama sejauh yang dapat mereka ingat. GAD terjadi lebih sering pada wanita daripada pria.

Gejala-gejala (Symptoms)
Kecemasan sering berhubungan dengan symptom berikut:
· Kegelisahan
· Mudah merasa lelah
· Sulit berkonsentrasi
· Mudah marah
· ketegangan pada otot – gemetar, sakit kepala
· kesulitan tidur (baca juga kesulitan tidur)
· keringat yang berlebihan, palpitasi, sesak nafas, dan variasi symptom gastrointestinal

Treatment
Beberapa treatment yang dapat anda pilih:
· pemberian obat.-- Cara ini melibatkan pemberian obat yang memberikan rasa kantuk atau efek penenang, antidepressant, antihistamines, Benzodiazepines. Sering pemberian obat dalam jangka lama menjadikan anda ketergantungan dan memiliki efek samping lainya.
· Teknik relaksasi.—relaksasi yang sistematis pada bagian tubuh
· Cognitive behavioral therapy – membantu pasien mengenali pikiran yang berkontribusi pada kecemasan. Cara ini biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.
· Energy psychology – memanfaatkan energy dalam tubuh dengan cara menstimulasi pada titik-titik meridian tubuh untuk memperbaiki aliran energy tubuh. Cara ini merupakan cara yang efektif dan cepat untuk mengatasi tidak hanya kecemasan, tapi juga masalah emosional lainnya dalam hitungan jam atau hari.

Komplikasi
Orang yang mengalami GAD bisa berkembang menjadi psysical disorder, seperti panic disorder atau depresi klinis, atau depresi. Akan menjadi masalah lagi bila seseorang mencoba mengatasinya dengan narkoba atau alkohol untuk menghilangkan kecemasan.

Mental and health provider
Hubungi Mental and emotional health provider jika anda mendapati symptom kecemasan, terutama bila hal ini terjadi lebih dari 6 bulan atau lebih lama, atau hal ini telah mengganggu fungsi keseharian anda.

Note
Informasi di atas diambil dan diterjemahkan dari www.healthline.com

Tidak ada komentar: